Pengertian dan Akibat Rotasi Bumi

Edukasi kitah akan share tentang Pengertian dan Akibat Rotasi Bumi

Pengertian dan Akibat Rotasi Bumi
Pengertian dan Akibat Rotasi Bumi


Pengertian Rotasi bumi .

Rotasi bumi adalah gerakan bumi berputar pada porosnya,yang arahnya berlawanan dengan arah jarum jam.

Akibat dari rotasi bumi

  • Adanya pergantian siang dan malam.
Bagian bumi yang terkena sinar matahari disebut dalam keadaaan siang, sebaliknya bagian bumi yang membelakangi sinar matahari / tidak mendapatkan sinar dari matahari disebut dalam keadaaan malam. Rotasi bumi membelah bumi kedalam 2 waktu yaitu siang dan malam yang lamanya adalah 12 jam untuk siang dan 12 jam untuk malam.

  • Gerak semu matahari dan bintang.
Apa yang dimaksud dengan gerak semu matahari,,? ini adalah gerakan yang kita lihat sehari hari dimana terlihat matahari terbit dari timur dan tenggelam di barat,tentu saja ini adalah gerak semu bukan gerakan nyata karena sebenarnya bumi lah yang bergerak mengelilingi matahari yang disebut revolusi bumi

  • Perubahan arah angin.
Rotasi bumi mengakibatkan angin pasat yang arahnya dari utara (dari 300 LU) akan berbelok ke arah kanan, sedangkan yang semula dari selatan (dari 300 LS) akan berbelok ke kiri.

  • Perbedaan waktu untuk daerah bujur yang berbeda.
Bumi berputar pada sumbunya selama 24 jam. Hal itu berarti setiap 1 jam = 150 bujur atau setiap 1 bujur sebesar 4 menit. Jadi daerah yang lintang bujurnya tidak sama, waktunya juga berbeda.

  • Pemanfaatan bumi pada kedua kutubnya.
Pada waktu bumi dalam proses mendingin dan mengeras, saat itu bumi telah berputar pada porosnya sehingga bumi mengalami pemanfaatan pada kedua kutubnya.

Percobaan yang membuktikan bahwa bumi berotasi

  • Percobaan Benzenberg dan Reich (percobaan dengan benda jatuh)
Benzeinberg (tahun 1802) mengadakan percobaan dengan menjatuhkan sebuah peluru logam dari puncak menara. Ternyata peluru itu tidak jatuh persis dibawahnya, namun agak melenceng kea rah timur. Hal itu membuktikan bahwa bumi berotasi dari barat ke timur.
Reich (tahun 1831) juga melakukan percobaan yang serupa pada sebuah lubang pertambangan, dan ternyata hal yang serupa di dapatkan.

  • Ayunan Foucault
Pada tahun 1851, Foucault mengadakan percobaan pendulum (bandul) yang diikatkan atau digantungkan pada puncak bangunan tinggi. Agar bandul yang di ayunkan arahnya tetap, maka dipakai patokan bintang spica (bintang tetap). Ternyata stelah diamati, setiap 6 jam bandul mempunyai gerak yang berbeda.

Sekian dari edukasi kitah tentang Pengertian dan Akibat Rotasi Bumi semoga bisa bermanfaat
Tag : Info, IPA
0 Komentar untuk "Pengertian dan Akibat Rotasi Bumi"

Back To Top