Jual tas ransel branded murah

Pengertian dan Akibat Revolusi Bumi

Edukasi Kitah akan berbagi tentang Pengertian dan Akibat Revolusi Bumi

Pengertian dan Akibat Revolusi Bumi
Pengertian dan Akibat Revolusi Bumi

Pengertian dan Akibat Revolusi Bumi


Pertama tama tentu saja kita harus bahas dulu pengertian dari revolusi bumi

A. Pengertian Revolusi bumi

Revolusi bumi adalah gerakan yang dilakukan oleh bumi untuk mengelilingi matahari yang membutuhkan waktu 1 tahun (365 Hari) ini dikarenakan gaya gravitasi bumi dan gaya gravitasi matahari yang saling bertarikan , Bumi berevolusi TIDAK tegak lurus terhadap bidang ekliptika melainkan miring dengan arah yang sama membentuk sudut 23,5o terhadap matahari,sudut ini diukur dari garis imajiner yang menghubungkan kutub utara dan kutub selatan yang disebut dengan Sumbu Rotasi.

B. Akibat Revolusi Bumi

Apa saja sih akibat dari revolusi bumi ini,,? berikut adalah beberapa akibat dari revolusi bumi
  • Pergeseran Matahari antara GBU dan GBS
Matahari mengalami pergeseran dari garis khatulistiwa ke belahan bumi utara, tepatnya pada 23,50 LU yang disebut garis balik utara (GBU). Matahari tidak menambah pergeseran  ke utara lagi, tetapi dari GBU akan kembali ke khatulistiwa dan diteruskan kebelahan bumi selatan yang berada di garis balik selatan (GBS).


  • Perbedaan Lama Siang dan Malam
Kombinasi antara revolusi bumi serta kemiringan sumbu bumi terhadap bidang ekliptika menimbulkan beberapa gejala alam yang diamati berulang setiap tahunnya.

          Antara tanggal 21 Maret s.d 23 September
Kutub utara mendekati matahari,sedangkanKutub selatan menjauhi matahari.Sehingga waktu siang di Bumi belahan utara lebihPanjang daripada waktu lamanya. Ada daerah di kutub utara yang mengalami siang selama 24 jam.
Sebaliknya waktu malam di Bumi belahan selatan
Lama daripada waktu siangnya. Belahan bumi bagian selatan ada yang mengalami malam 24 jam.

          Antara tanggal 23 September s.d 21 Maret
Kutub selatahlebih dekat mendekatimatahari,sedangkan kutub utara lebih menjauhiMatahari.Sehingga waktu siang di belahan Bumi selatan Lebih panjang daripada waktu malamnya.Sebaliknya waktu malam di belahan Bumi utara lebih panjang daripada waktu siangnya.
  • Perbedaan Musim
Bumi bagian utara dan selatan memiliki 4 musim yaitu gugur,dingin,panas,gugur yang memiliki waktu yang berbeda beda antara belahan bumi bagian utara dan selatas.
  • Kalender Masehi
Kalender masehi adalah kalender umum yang mayoritas digunakan oleh orang seluruh dunia,nah kalender ini adalah salah satu akibat dari revolusi bumi,karena penentuanya mengacu pada lamanya bumi dalam berevolusi.
  • Perubahan Kenampakan Rasi Bintang
Rasi bintang adalah sekumpulan bintang yang membentuk suatu pola tertentu,karena revolusi bumi rasi bintang yang nampak di bumi akan berubah ubah.
Sekian dari edukasi kitah tentang Pengertian dan Akibat Revolusi Bumi semoga bermanfaat
Tag : Info, IPA
0 Komentar untuk "Pengertian dan Akibat Revolusi Bumi"

Back To Top